Meningkatkan Kualitas Diri

     Meningkatkan kualitas diri Banyak orang yang beranggapan bahwa membeli buku, membacanya, berkunjung ke perpustakaan atau mencari ilmu pengetahuan hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang ekonomi nya telah mapan. Atau orang dalam sosial menengah ke atas. Anggapan seperti itu tidak sepenuh nya benar.

     Setiap orang berhak mendapatkan ilmu pengetahuan, baik dengan membaca buku, atau berkunjung ke perpustakaan. Setiap orang bisa melakukannya. Jangan beralasan sibuk, sehingga kita tidak pernah menggali ilmu pengetahuan lewat membaca buku, koran, artikel, atau mengikuti kajian-kajian ilmu lainnya.

     Ada ilmu pengetahuan yang perlu diketahui dan ada pula ilmu yang tidak perlu di ketahui. Ilmu Pengetahuan yang wajib kita ketahui adalah masalah agama. Ini tidak boleh diabaikan karena berkaitan dengan ibadah kepada Allah swt. Misalnya secara sederhana tentang bagaimana cara bersuci, shalat, zakat, puasa dan haji.

     Namun ada pula ilmu yang tidak perlu diketahui. Yaitu, Ilmu pengetahuan yang membawa kita kepada kemaksiatan. Misalnya ilmu bermain dadu (perjudian), ilmu dendam, ilmu nujum, ilmu perdukunan, dan ilmu-ilmu yang erat kaitannya dengan kemusyrikan dan kemaksiatan.

     Budayakanlah membaca. Luangkanlah waktu beberapa saat untuk membuka buku yang bermanfaat bagi pengembangan kehidupan kita dan pengembangan jiwa kita. Karena dengan membaca buku, mutu (kualitas) diri kita menjadi terangkat dalam pergaulan. Kita akan menjadi manusia terpandang dan tidak akan rendah diri di tengah-tengah masyarakat.

     Hendaknya kita juga mempelajari budaya-budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat. Yaitu budaya kesantunan sehingga diri kita mempunyai akhlak yang beradab. Supaya tingkah laku kita tidak menabrak tata cara kebiasaan dimana diri kita berada.

     Dengan membaca buku, kita menjadi orang yang mulia. Sebaliknya tanpa membaca buku, pengetahuan kita menjadi sempit dan kita pastinya akan ketinggalan dengan teman-teman kita.

Kesimpulannya adalah satu hal yang paling penting ialah bagaimana caranya untuk menumbuhkan minat membaca bagi kehidupan kita. Jika minat membaca itu sudah ada, maka mudahlah bagi kita mengisi waktu luang untuk berteman dengan buku, untuk meningkatkan kualitas diri dengan cara membaca.

Baca juga:
Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Mush'ab bin Umair Duta Islam Yang Pertama | 60 Sahabat Nabi Muhammad saw

Ridha Terhadap Ketentuan Allah | Bersama Motor bodol

Tiga kondisi kebahagiaan seorang hamba

Hiduplah Sebagaimana Adanya | Motor Bodol

Jangan Menyesali Masa Lalu

Asal Usul Sunan Apel | Kisah Wali Songo

Motor bodol untuk jarak jauh