Asal-Usul Syekh Siti Jenar

Asal-Usul Syekh Siti Jenar

Apakah Syekh Siti Jenar itu benar-benar ada ?

Mengingat banyaknya versi asal-usul Syekh Siti Jenar, orang semakin bingung dan ragu, apakah Syekh Siti Jenar itu benar-benar ada ataukah hanya sekedar tokoh Imajiner dari para penulis saja ?


     Jika memang Syekh Siti Jenar itu ada mengapa banyak sekali versi asal-usulnya ? Ada yang mengatakan beliau itu berasal dari Persia, ada yang mengatakan berasal dari Tanah Arabia, ada juga yang mengatakan beliau itu putra seorang pendeta dari Gunung Srandil. Ada yang mengatakan putra seorang Raja Pendeta bernama Resi Bungsu dari Pajajaran. Mana sebenarnya yang benar ?

     Babad Tanah Sunda menyebut bahwa Syekh Siti Jenar masih keturunan Nabi Muhammad saw. Mana sebenarnya yang benar ?

Ilustrasi

     Penelusuran saya belum selesai, dari berbagai sumber buku, artikel dan juga video. Ini adalah salah satu sumber yang saya tonton dari YouTube salah satunya adalah chanel Gang Buntu Disini .

     Penelusuran artikel tentang Syekh Siti Jenar Di kutip ayocirebon.com Syekh Siti Jenar ditangkap di cirebon girang. Selengkapnya   Next

     Kontroversi ajaran Syekh Siti Jenar dianggap sesat. Saya kutip dari krjogja.com, selengkapnya Next

     Sumber buku yang saya miliki yang berjudul Siti Jenar Cikal Bakal faham Kejawen. Terbitan Surabaya Tahun 2006, Cuplikannya sebagai berikut:

     Sebagian orang berpendapat tokoh Syekh Siti Jenar sengaja dimunculkan secara imajiner untuk membendung arus faham Syiah terutama dari sekte Wihdatul Wujud atau Pentheisme __kesatuan hamba dengan Tuhan atau manunggaling kawula gusti. Sebab masa Wali Songo cukup dekat dengan hidupnya seorang tokoh sufi terkemuka bernama Ibnu Arabi yang berfaham Wihdatul Wujud.

     Bahkan sejarah telah mencatat bahwa tokoh Wihdatul terbesar dari Baghdad yaitu Al-Hallaj pernah mengembara hingga ke Tanah Hindustan dan berdakwah di negri itu selama beberapa tahun. Tidak mustahil faham yang di ajarkan Al-Hallaj tersebut disebarkan pula oleh orang-orang Hindia ke Tanah Jawa. Sebab banyak sekali orang-orang Hindia__Gujarat yang berdagang dan berdakwah ke Tanah Jawa.

     Para wali yang tergabung dalam Wali Songo telah berhasil menyebarkan agama Ilsam secara besar-besaran di Tanah Jawa menurut mahzab Imam Syafi'i dan berakidah Ahlussunnah Wal Jama'ah. Jelas para wali tersebut tidak ingin faham Wihdatul Wujud yang menimbulkan polemik dan perdebatan di Tanah Baghdad merusak dan mengacaukan akidah yang sudah di imani oleh penduduk Tanah Jawa. Maka diciptakanlah tokoh imajiner bernama Siti Jenar yang pahamnya juga Wihdatul Wujud. Demikian menurut sebagian orang.

     Tetapi orang-orang Jawa merasa yakin bahwa Syekh Siti Jenar itu benar-benar ada. Bahkan Siti Jenar dianggap sebagai tokoh keramat, wali sejati dan guru besar mereka. Keyakinan mereka itu biasanya berdasarkan catatan-catatan suluk dan Babab Tanah Jawi yang biasanya memuat kisah Syekh Siti Jenar secara tendensius dan mendiskreditkan peran Wali Songo yang dianggap memusuhi Syekh Siti Jenar.

Tips :
Dari keterangan berbagai versi. Kita serahkan saja semua ke pada Allah swt. dan para ahli. Semoga bermanfaat, ambil sisi baiknya dan sudahi saja perselisihan antar sesama umat. Generasi penerus Syekh Siti Jenar atau pun dari generasi penerus Wali Songo ambil kesamaannya, kita sama-sama umat Islam.

Ini adalah kesimpulan dari saya bahwa Syekh Siti Jenar dan Wali Songo itu benar adanya. Mereka itu orang suci, orang yang diberi tingkat keimanan super tinggi. Jadi mustahil jika bermusuhan dikarenakan berbeda pendapat. Akan tetapi ceritanya di jungkir balikan oleh kolonial penjajah, supaya sesama umat Islam saling bertarung. Impian kolonial penjajah ingin menguasai Tanah Jawa.
Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Mush'ab bin Umair Duta Islam Yang Pertama | 60 Sahabat Nabi Muhammad saw

Ridha Terhadap Ketentuan Allah | Bersama Motor bodol

Tiga kondisi kebahagiaan seorang hamba

Hiduplah Sebagaimana Adanya | Motor Bodol

Jangan Menyesali Masa Lalu

Asal Usul Sunan Apel | Kisah Wali Songo

Motor bodol untuk jarak jauh