Ciri-ciri orang yang sengsara

     Ciri-ciri orang yang sengsara adalah sebagai berikut :

a. Ketika ilmunya semakin bertambah, ia semakin sombong. Ke sesatan nya menjadi-jadi dan ilmunya tidak bermanfaat. Hatinya keras, tabiatnya menjadi kasar dan wataknya berubah menjadi jahat.

b. Ketika amalnya semakin bertambah, ia semakin congkak, meremehkan orang lain dan senantiasa berbaik sangka terhadap dirinya sendiri (ujub). Ia merasa bahwa dirinya saja yang selamat sedangkan orang lain gagal.

c. Usianya semakin bertambah namun semakin rakus terhadap harta benda dan kedudukan. Sehingga ia sibuk menikmati hidupnya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Hatinya tak bergerak sedikitpun oleh berbagai bencana yang terjadi. Ia sama sekali tidak pernah sadar dari peristiwa yang menakutkan.

d. Ketika hartanya semakin bertambah, ia semakin kikir. Jiwanya kering dari nilai kasih sayang, tangannya semakin meremehkan amal baik dan wajahnya tidak memiliki rasa malu dari kemuliaan.

e. Ketika kedudukan sosialnya semakin meningkat, ia semakin mempedulikan orang di sekitarnya, bahkan sombong. Keinginannya tidak menentu, suka memamerkan diri sendiri.

     Kesimpulan :
Sebagian orang berhasil menghadapi cobaan tersebut dengan baik, sehingga mencapai puncak kebahagiaan dan kesempurnaan hidup. Namun sebagian lainnya gagal sehingga hanya mendapatkan kesengsaraan.

Popular posts from this blog

Mush'ab bin Umair Duta Islam Yang Pertama | 60 Sahabat Nabi Muhammad saw

Ridha Terhadap Ketentuan Allah | Bersama Motor bodol

Tiga kondisi kebahagiaan seorang hamba

Hiduplah Sebagaimana Adanya | Motor Bodol

Jangan Menyesali Masa Lalu

Asal Usul Sunan Apel | Kisah Wali Songo

Motor bodol untuk jarak jauh